Tips Cara Menghemat Baterai Laptop

Tips Cara Menghemat Baterai Laptop
Tips Cara Menghemat Baterai Laptop

Tips Cara Menghemat Baterai Laptop ? Beberapa dari anda mungkin lebih suka menggunakan laptop jika dibandingkan dengan komputer, apalagi bagi anda yang sering melakukan aktifitas diluar rumah.

Laptop sendiri menggunakan daya baterai yang bisa tahan sekitar 2 jam. Tapi pertanyaannya apakah waktu tersebut cukup untuk anda ? Maka dari itu, anda bisa menghemat penggunaan baterai laptop anda dengan beberapa tips cara menghemat baterai laptop.Sebenarnya tips-tips yang akan saya berikan ini cukup sederhana, tapi mungkin banyak dari anda yang belum mengetahuinya. Memang nantinya tidak akan menghemat baterai secara signifikan, tapi setidaknya bisa untuk membuat laptop anda bertahan sekitar 30 menit jika dibandingkan dengan waktu biasa.

Berikut ada beberapa tips yang saya akan coba bagikan kepada anda.

  1. Kurangi Kecerahan Layar Laptop

Mengurangi kecerahan layar dapat membantu anda untuk menghemat penggunaan daya baterai laptop anda. Tahu atau tidak, display laptop merupakan salah satu dari beberapa komponen yang paling banyak menggunakan daya baterai.

Untuk menggantinya silahkan menuju Control Panel >> Hardware Sound >> Power Options , silahkan setting brightness menjadi paling  rendah.

  1. Matikan Layar Laptop Ketika Tidak Dipakai

Saat laptop dalam keadaan tidak digunakan dalam periode singkat, ada baiknya jika anda mematikan layarnya. Dengan cara ini anda dapat meminimalisasi penggunaan daya cukup banyak. Untuk melakukan setting seperti itu, anda bisa menuju ke bagian setting brightness.

  1. Cabut Perangkat yang Tidak Digunakan

Sering sekali kita membiarkan beberapa perangkat ? perangkat seperti Flashdisk, Eksternal Harddis, Modem atau mungkin Handphone tetap terhubung dengan laptop meskipun sudah tidak lagi kita gunakan. Hal ini dapat memboroskan penggunaan daya baterai, karena setiap perangkat yang terhubung ke laptop mengambil daya langsung dari baterai laptop kita. Jadi jika sudah tidak dipakai, segera lepas perangkat tersebut dari laptop anda.

  1. Defragment Harddisk Anda Secara Rutin

Fungsi dari defragment  adalah untuk membuat data-data anda yang berada pada Harddisk menjadi tersusun rapi. Lalu, kenapa hal ini dapat menghemat daya ?

Jika data-data anda tersusun secara rapi, maka prosesor laptop tidak akan membutuhkan kerja yang berat untuk mencari data yang anda inginkan. Coba saja anda bandingkan jika prosesor harus mencari data, tapi data yang ada pada harddisk anda sangat berantakan. Tentunya ini akan membuat prosesor bekerja lebih berat dan bisa memboroskan baterai laptop anda.

  1. Jaga Laptop Anda Dari Debu yang Menumpuk

Ini adalah hal sepele yang jika dibiarkan secara terus menerus akan berakibat buruk. Debu yang menumpuk terutama pada bagian dalam laptop bisa saja menghambat sirkulasi udara dari laptop. Dengan begitu maka suhu laptop akan bertambah panas sehingga kipas harus bekerja ekstra untuk menetralisir keadaan tersebut. Keadaan itulah yang membuat laptop akan mengeluarkan daya lebih.

Jadi tidak ada salahnya jika anda rutin membersihkan laptop anda dari debu minimal 1 minggu sekali. Anda bisa menggunakan mini vacum cleaner untuk membersihkan debu dari laptop anda.

Saya rasa cukup tentang Tips Cara Menghemat Baterai Laptop dari saya. Untuk itu anda bisa mencobanya sendiri. Semoga bermanfaat !

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*